Halaman

Senin, 24 Juni 2024

Ekosistem Halal Didukung Bank Syariah Indonesia (BSI): Ibadah Lancar, Transaksi Aman

ekosistem halal

Mungkin ada yang seperti saya dulu, sebagai umat muslim yang berusaha taat, sempat khawatir terkait bank, alhamdulillahnya Bank Syariah hadir dengan sistem bagi hasil atau tidak ada bunga. Dan, ada dewan pengawas, supaya selalu on track. Jadi, klaimnya tidak ada riba, lebih transparan dalam pembagian keuntungan, dan penyaluran dana masyarakatnya dipastikan untuk kegiatan yang halal nan legal sehingga bebas dari unsur spekulatif, yang tentunya lebih menenangkan terutama untuk saya sendiri. Karena sebagai manusia modern, saya akan terbantu sekali dengan bank atau alat transaksi yang memudahkan dalam kehidupan saya sehari-hari.

Untuk Bank Syariah yang bisa digunakan salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Sebab, Bank Syariah Indonesia mendukung ekosistem halal. Banyak sektor yang dijangkau atau bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal yang standar bisa dilakukan dengan Bank Syariah Indonesia adalah untuk menyimpan uang dengan aman dan untuk transaksi. Mulai dari mendapat transferan gaji, untuk pembayaran sehari-hari, hingga pembiayaan yang bisa membantu banyak pihak, terutama UMKM yang ingin berekspansi bisnisnya. Karena menawarkan pinjaman tanpa bunga.


BSI International Expo 2024


Beberapa hari lalu, saya datang ke acara BSI International Expo 2024 (21-23 Juni 2024) yang diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta. Menurut saya, dengan adanya pameran ini, bisa membantu mengedukasi masyarakat terkait industri halal dan ekosistem halal.

Dengan adanya talk show dan juga booth-booth dapat membantu meningkatkan literasi pengunjung. Bermanfaat sekali! Karena saya merasa begitu ketika mengikuti talk show bersama Visa dan BSI dengan tema Ibadah Lancar, Transaksi Aman. Jadi, tidak hanya seru saja acaranya, tapi pulang-pulang saya menambah banyak insight baru terkait ekosistem halal.

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Industri Halal


Dari talk show yang saya hadiri tersebut, saya mendapat info bahwa omset ekonomi industri halal dunia telah mencapai Rp 30 Ribu triliun. Dan, Indonesia peringkat Top 3 industri travel halal di dunia, setelah Malaysia dan Arab Saudi. Wow! Tapi memang sih, tidak hanya di negara yang penduduknya muslim, hal-hal yang halal pasti menguntungkan untuk banyak pihak, jadi wajar banyak sekali yang tertarik dan negara-negara berlomba menjadi yang terdepan dalam pengembangan industri halal. Karena dengan memudahkan umat muslim akan lebih banyak yang bertransaksi.

Pasar industri halal yang memiliki potensi terbesar saat ini adalah halal food. Klaimnya mencapai 1,863 miliar USD. Makanan halal thayyib alhamdulillah sekarang makin banyak, bahkan di luar negeri. Sedangkan, halal fashion mempunyai potensi 361 miliar USD.

Oh iya, pasar industri halal itu menjangkau banyak aspek, loh! Bahkan, tidak hanya terkait sandang, pangan, papan saja, tapi juga traveling atau pariwisata, produk kecantikan, dan hal lainnya. Karena memang target market pengguna produk halal cukup besar, terutama di negara mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti di Indonesia ini. Jadi dengan dibuatnya ekosistem halal akan menguntungkan banyak pihak untuk bertransaksi.

Bank Syariah Indonesia (BSI) Mendukung Ekosistem Halal


Senangnya ekosistem halal semakin berkembang dan banyak yang mengakomodir, salah satunya Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menjadi solusi dari kebutuhan konsumen muslim. Saat ini pun Bank Syariah Indonesia telah bekerjasama dengan Visa. Sehingga, jika sedang berpergian, baik itu untuk pekerjaan, jalan-jalan, umrah atau haji, bisa lebih memudahkan untuk transaksi di jutaan merchant di seluruh dunia.

Baca juga: Cara menabung

BSI-Visa


BSI International Expo

Di BSI International Expo kemarin, saat saya mengikuti talk show dengan narasumber:
  • Bapak Hady Pratama selaku Head of Card Product Development BSI
  • Bapak Widyananto Sutanto selaku Head of Corporate Communications Visa Indonesia
  • Fitri Tropica, artis dan pembawa acara

Di acara tersebut, Visa dan Bank Syariah Indonesia (BSI) mempromosikan pembayaran menggunakan produk-produk BSI-Visa, termasuk BSI Debit Mabrur. Dari situ, saya mendapat info manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan BSI-Visa, yakni:
  • Cashback Transaksi selama umrah dan haji dan  Umrah
  • Gratis Tarik Tunai selama umrah dan haji
  • Kurs Kompetitif
  • Tersedia Program Donasi dan diskon di merchant dalam negeri

Visa yang bisa dibilang sebagai pemimpin global di bidang pembayaran juga ikut serta berinovasi untuk memenuhi kebutuhan industri halal yang sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia dengan kartu:
  • BSI Debit Mabrur
  • BSI Debit Visa (Silver, Gold, Platinum)
  • BSI Debit Visa Prioritas

Btw, berikut ini manfaat pembayaran menggunakan Visa baik di dalam maupun luar negeri:
  • Diterima di mana saja, jutaan merchant di seluruh dunia.
  • Dianggap lebih nyaman daripada uang tunai dan aman. Karena dilindungi oleh sistem keamanan Visa
  • Tersedia promosi eksklusif di seluruh dunia baik secara online maupun offline. Sehingga perjalanan semakin menyenangkan.

Sedangkan, pengguna Bank Syariah selain banyak manfaatnya saat digunakan sehari-hari, juga memiliki privilege. Karena keberangkatan Haji saat ini hanya bisa menggunakan Tabungan Haji yang ada di Bank Syariah. Dan menurut data dari berita online yang saya baca, seperti antaranews.com dll, 83% Jamaah Haji Indonesia tahun 2024 menggunakan tabungan Bank Syariah Indonesia (BSI). Wih, banyak keunggulannya ya! Dan, ini bisa diartikan BSI lebih dipercaya para konsumen yang mendukung ekosistem halal.

BSI Debit Mabrur (termasuk Debit Privat dan Debit Prioritas) mempunyai fitur dan manfaat untuk pembayaran lintas negara, terutama di kawasan Arab Saudi. Sehingga memudahkan Jemaah Umrah dan Haji bertransaksi, serta menikmati berbagai penawaran yang tersedia untuk pemegang kartu. Dan, selama acara BSI International Expo 2024 ada cashback sampai dengan 1.5 juta untuk pembelian paket umroh dan haji khusus plus tambahan 500 ribu jika menggunakan Debit Mabrur.

Terus, mungkin kalian sudah tahu kalau di BSI mobile ada fitur utama yang mendukung kelancaran ibadah ketika traveling, yaitu:
  • Pengingat waktu sholat sesuai lokasi kita berada
  • Bisa membantu menemukan lokasi masjid
  • Ada petunjuk arah kiblat

Seperti kata Fitrop alias Fitri Tropica saat menjadi pembicara di talk show kemarin, dengan menggunakan kartu BSI-Visa bisa mempermudah saat transaksi, jalan-jalan, dan beribadah. Tidak khawatir salah kasih nominal karena harus diperhatikan baik-baik uangnya atau ribet kembalian dsb.


Penutup


Saya pribadi sebagai muslim suka sekali berada di ekosistem halal. Karena bisa mempermudah saya tidak terjerumus ke hal yang haram dan ibadah semakin lancar. 

Makanya itu, senang sekali sekarang sudah banyak pihak dari aneka sektor yang memfasilitasi ekosistem halal, termasuk adanya peran Bank Syariah Indonesia (BSI). Harapannya, saya selalu mendapat yang halal dan thayyib. Serta, dengan adanya BSI-Visa khususnya, transaksi menjadi semakin mudah, lancar, aman, nyaman. Sehingga, saat jalan-jalan, umroh maupun haji, selain bisa membuat ibadah semakin lancar, transaksi pun aman. Gak sabar deh bisa umroh atau haji menggunakan BSI-Visa! Semoga bisa segera umroh dan haji. Aamiin.

Palingan saran dari saya, semoga next-nya mungkin ada fitur kalkulator kurs, supaya biar pas belanja di luar negeri tidak kalap, karena tahu harga rupiahnya. Hehe. Atau, ada fitur bonus poin diskon jika bertransaksi. Kan lumayan ya. Bisa juga ditambahkan fitur info tempat makan halal terdekat yang bekerjasama. Jadi kalau makan di situ dan bayar menggunakan kartu BSI bisa dapat tambahan diskon. 😄

Yak, sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat! Wallahu a'lam bish-shawab (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)