Halaman

Senin, 29 Juli 2024

Salah Satu Kunci Berani Kemana-Mana Sendiri: Kendaraan yang Prima, Rajin Ganti Oli

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/black-and-gray-cruiser-motorcycle-4ixHdlcROPI

Beberapa tahun terakhir saya bisa dibilang cukup mandiri dalam beraktivitas, kemana-mana mayoritas dilakukan sendiri. Ditambah lagi saya sudah bisa mengendari kendaraan sendiri. Jadi tidak ragu kemana-mana sendiri. Dan kali ini, saya ingin memberi beberapa tips supaya siap dan berani beraktifitas sendiri, berdasarkan pengalaman pribadi. Cekidot!

Tips Berani Kemana-Mana Sendiri


1. Tentukan Tujuan


Entah faktor u alias umur 😄, faktor sudah paham menejemen waktu atau apa, saya semakin jago menentukan mana yang harus dieleminasi dan harus diutamakan. Jadi meminimalisir waktu terbuang.

Begitu pula dalam beraktivitas, saya sudah tidak tertarik buang-buang waktu. Kalau pergi, mesti punya tujuan, baik itu ada perlu atau memang mau healing. Mesti jelas dari awal.

2. Sudah Ada Gambaran 5W 2H (What, Who, Where, When, How, How much, Why)


Sebelum pergi, selain sudah tahu apa tujuannya atau apa yang mau dilakukan/dibeli, juga harus tahu mau ketemu siapa saja jika janjian sama orang, tahu lokasinya dimana, kapan, alias jam dan tanggal berapa, bagaimana kesananya, cari gambaran rute ke sananya, apa saja yang harus dibawa, perkiraan cuaca, perkiraan butuh budget berapa, dsb.

Iyes, mesti sedetail itu. Biar gak ada yang ketinggalan, gak nyasar, menghindari pengeluaran yang tidak terduga, biar lebih siap aja gitu dalam melakukan sesuatu.

3. Siapkan Kendaraan


Walaupun saya kadang menggunakan kendaraan umum, tapi untuk naik kereta atau naik bus, saya tetap harus menempuh dengan kendaraan pribadi terlebih dahulu. Karena minimnya kendaraan umum di daerah rumah saya. Tapi kadang saya memang full  menggunakan kendaraan pribadi untuk ke beraktivitas.

Jadi, saya harus memastikan bahan bakarnya cukup dan kendaraan pribadi saya dalam kondisi yang baik untuk dibawa berkendara. Kapok saya kalau sedang terburu-buru, malah ada kendala. Jadinya saya usahakan beberapa bulan sekali atau dirasa sudah beberapa kilometer, saya bawa ke bengkel untuk diservice ringan sekalian ganti oli.

Ganti Oli di Planet Ban


Meskipun banyak meme cewek-cewek jarang merawat motor, tapi saya usahakan tetap rutin menservice kendaraan pribadi atau motor saya ke bengkel terpercaya. Saya bilang saja, "Service bang!" sama menceritakan apa saja keluhan yang ada. Pulang-pulang tinggal beres deh. 😄

Buat yang belum pernah ke bengkel, bisa coba buka website Planet Ban. Supaya bisa ada gambaran harganya, fasilitas yang didapat, lokasinya, dan info lainnya. Lumayan lengkap. Cocok untuk orang-orang yang biasa punya persiapan sebelum melakukan sesuatu.

Ganti Oli


Biasanya, kalau ke bengkel saya minta cek ban, stang, rem, aki, pokoknya semua dah. Dan, jika harus ganti oli, ya udah ganti. Kayaknya belum pernah kalau cuma buat ganti oli.

Tapi mungkin buat kalian yang lebih paham perservicean motor, bisa ganti oli saja. Karena kan katanya ganti oli itu jika sudah 2500 km jarak tempuh kalau tidak salah.

Kalau saya lihat-lihat di website Planet Ban itu cukup lengkap terkait oli. Kayaknya tinggal cocokin kategori dan jenis motor serta tipe oli yang dibutuhkan. Cmiiw.


Oli di Planet Ban klaimnya dijamin asli ya ges ya. Plus dapat gratis pasang dan gratis cek motor. Jadi insyaallah aman buat motor kita. Untuk harganya juga kompetitif. Lokasinya juga sudah banyak. Ada yang dekat rumah saya. Jadi enak kalau mau ke bengkel.

Penutup


Buat siapapun, sekarang mah tidak usah lagi ragu kemana-mana sendiri. Karena sudah lumrah, orang juga jarang nanya kenapa beraktivitas sendiri. Meski sebaiknya perempuan jika berpergian ditemani mahramnya. Tapi kalau kepepet ya gimana ye kan.

Dan, supaya pulang pergi nyaman saat berkendara, jangan lupa service kendaraan pribadi atau motornya. Pastikan bensin dan ban dalam kondisi aman buat dibawa berkendara. Serta jangan lupa rutin ganti oli. Demi menjaga kesehatan kendaraan.

Oke deh, sekian dulu sharing kali ini. Cus langsung ke Planet Ban buat ganti oli, ya!

15 komentar:

  1. aku termasuk sering telat kalau urusan servis motor, pernah sampe oli motor sampai abis mbak
    baiknya memang rutin melakukan servis ke bengkel, kalau part motor kita bagus, berkendara jadi aman juga

    BalasHapus
  2. Yang paling penting ada duitnya yang harus cek kendaraan sebulan sekali, klo gak ya mati tuh kendaraan, wkwkk


    Newsartstory

    BalasHapus
  3. Aku dulu pasrah ke suami kalau urusan motor..makin ke sini, kasian juga kan , masa ditambah lagi PR dia, motor yang make kita mestinya ya kita sendiri yang rajin merawatnya biar selalu oke dipakainya. Reminder nih buatku untuk selalu memperhatikan kesehatan kendaraan termasuk rutin service dan ganti oli

    BalasHapus
  4. Saut sama cewek yang berani ke mana-mana sendiri apalagi berkendara roda dua. Tentu saja semua dipersiapkan cek mesinnya, cek olinya, rem, ban dan lainnya supaya perjalanan lancar. Planet Ban ini oke banget untuk servis, ganti oli motor. Apalagi mas mekaniknya ramah dan paham segala-gala deh. Harga sparepart pun ramah di kantong.

    BalasHapus
  5. Planet ban ini paket komplit ya. Selain bisa ganti ban di sana juga bisa service rutin kendaraan bermotor. Selain itu pelayanan prima dari mekaniknya yang kasih tahu kalau ada kendala pada part kendaraan yang harus di ganti. :D

    BalasHapus
  6. Aku juga kalau ganti oli dan service di Planet Ban kak. Soalnya sangat friendly buat cewek yang bingung tentang service, karena mereka mengedukasi dan menjelaskan secara detail terkait motor. Jadi kalau banyak tanya, mereka sangat ramah untuk menjelaskan. Jadi langganan di sana deh.

    BalasHapus
  7. Hebat mah berani ke mana-mana sendiri dan ke bengkel juga sendiri. Planet Ban emang bagus ya. Di sini ada beberapa cabangnya dan tempatnya tuh bersih jadi nyaman.

    BalasHapus
  8. Jujur belum pernah ke planet ban. Tapi kalau motoran tentu berani dong sendiri ke mana-mana. Asal jangan lama-lama, pegel alasannya sih hehe. Paling lama 1 jam perjalanan aka

    BalasHapus
  9. Layanannya cepet kalo di planet ban, harganya juga bersaing n tentunya bisa jadi pilihan yang ga ribet klo mo ganti oli motor

    BalasHapus
  10. Ganti oli tuh memang wajib sih kalau mau motor tetap prima kondisinya, apalagi kalau kita hobi jalan, biar perjalanannya kondusif, kondisi motor harus sangat diperhatikan, termasuk masalah oli

    BalasHapus
  11. Ciwik-ciwik kudu tau nih biar ngang ngeng lancar jaya harus dirawat sekaligus ganti oli rutin

    BalasHapus
  12. artikel ini harus dibaca sama kaum cewek hehe, ingat ganti oli itu bukan marketing, tapi kebutuhan motormu mbak hehe

    BalasHapus
  13. Baca artikelnya serasa langsung diingetin, hayo ganti oli.. karena memang cara menjaga mesin yg paling bener adalah merawat..

    BalasHapus
  14. Langsung diingetin deh ini untuk ganti oli wkwkw. Memang cewe tuh cuma bisanya isi bensin aja, klo ngga diingetin mana inget ganti oli dan perservisan lainnya wkwkk

    BalasHapus
  15. Yanga terpenting ada yang dan kendaraan aman, perjalanan jadi nyaman.

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)