nisaahani: blogger yang suka sharing review: Belajar Seduh Otten Coffee di Kopi Fest AEON BSD Tangerang

Minggu, 04 Agustus 2024

Belajar Seduh Otten Coffee di Kopi Fest AEON BSD Tangerang


Tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2024 ada Kopi Fest di AEON BSD Tangerang. Masuknya gratis. Terletak di lantai dasar. Kalau dari pintu masuk parkiran motor itu langsung ke lihatan, sedangkan kalau dari parkiran mobil di atas, bisa langsung ke bawah, di tengah-tengah. Lokasinya strategis sekali. Jadi, kalau ngemall bisa langsung kelihatan kerumunan orang yang tentunya bikin tertarik untuk mampir.

Kopi Fest 2024 di AEON BSD Tangerang



Di Kopi Fest ada Indonesia AeroPress Championship, yaitu kompetisi untuk menemukan secangkir kopi sempurna yang pemenangnya akan dikirim ke Lisbon, Portugal, untuk World AeroPress Championship 2024 dan Indonesia Comandante Championship, yaitu kompetisi menyeduh kopi pertama oleh Comandante di Indonesia. Kita juga bisa menyaksikan 32 peserta bertanding untuk memenangkan grinder Comandante C40 emas pada 4 Agustus.

Selain itu, para pengunjung bisa jajan-jajan di booth yang ada. Bisa juga bisa belajar manual brew dengan Hario V60, membuat Latte Art bersama DeLonghi, dan kreasi minuman kopi dengan DRiPP Flavour, serta membeli produk terkait kopi di booth Otten Coffee. Karena memang di Otten Coffee, selain menyediakan biji kopi nusantara dan mancanegara, juga menjual mesin kopi serta peralatan seduh kopi berbasis teknologi.



Latte Art



Belajar Seduh Kopi Mulai dari Biji Kopi



Kondisi cukup ramai sekali. Orang-orang pada tertarik untuk belajar membuat kopi, termasuk saya yang tertarik untuk belajar menyeduh kopi dengan lebih baik. Mulai dari biji kopi, hingga menjadi kopi yang siap untuk diminum.


Ada beberapa pilihan biji kopi Otten Coffee yang bisa kita pilih. Saya tertarik yang manis, tapi stoknya sepertinya habis. Jadi saya pilih yang bungkusnya mas-mas pakai kemeja biru sendirian (punten belum engeh nama kopinya apa, gak terlalu kedengeran jelas). Katanya itu rasa kopinya tidak terlalu asem.


Berikut ini langkah menyeduh Otten kopi berdasarkan yang saya pelajari dari baristanya langsung:
  1. 15 gram untuk 1 cup kopi digiling ke mesin giling kopi (tidak mesti tepat, tapi harus lebih dari 15gr). Ternyata,  mulai dari digiling, sudah ada pilihan untuk tingkat strong atau tidaknya suatu kopi.
  2. Basahi seluruh paper filter, lalu buang air tetesannya.
  3. Masukan bubuk kopi yang sudah digiling ke dripper kopi yang sudah basah.
  4. Lalu, ratakan bubuk kopi dengan cara diangkat, terus diketuk-ketuk supaya rata bubuk kopinya.
  5. Tuangkan air panas ke bubuk kopi secara merata 200ml dibagi dua kali. Jadi, pertama kali tuang air 100ml, kemudian tunggu sampai air kopinya tiris, baru tuang kembali airnya 100ml.


Terkesan mudah, tapi takaran dan ukurannya jangan ada yang terlewat, supaya kopi yang dihasilkan enak. Dibutuhkan alatnya juga. Jadi kalau mau bikin sendiri di rumah, bisa beli di booth-nya Otten Coffee.



Gitu sih pengalaman saya ke Kopi Fest di Mall AEON BSD Tangerang. Seru! Kalau ada kegiatannya lagi, mauuu. Karena bisa menambah pengetahuan dan pengalaman baru terkait kopi. Jadi, gak cuma tahu minumnya doang, tapi tahu juga proses pembuatannya. Kali aja kan punya coffee shop yang kopinya enak, melegenda, dan profitnya banyak banget, bisa buka cabang ke negara lain sambil memperkenalkan kopi lokal Indonesia. Aamiin-in gaes! 😄

1 komentar:

  1. seru kak dateng ke event per-kopian kayak gini. Aku belajar dunia kopi dari sohib aku. Memang nggak expert banget di dunia kopi, minimal tau alatnya, gimana bikin kopi ala cafe gitu

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)